Nelayan di Tolitoli Sepakati 2 Mil Zona Tangkap Ikan Tradisional dan Modern

0
8

TOLITOLI РDanlanal Tolitoli Letkol Laut ( P ) Hariono, S.H,M.Tr Hanla,  didampingi Pasintel Lanal Tolitoli, Lettu Laut ( P ) Usman Dani , serta Danunit Intel Lanal ,Lettu Laut ( K ) Achmad Syaifudin telah memfasilitasi pertemuan Nelayan tradisional dan modern, sejumlah 25 Orang, di Halaman Mako Lanal Tolitoli, di jalan Yosudarso, Kelurahan Sidoarjo, kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli, Rabu, ( 25/2).

Dari Pantauan Media ini di lapangan, nampak hadir dalam kegiatan sengketa batas zona tangkap ikan bagi Nelayan Tradisional dan Moderen Diantaranya, Kadis Kelautan dan Perikanan Ir Gusman, Kasubsektor KP3 Pelabuhan Dede, Iptu Sutrisno, Perwakilan PSDKP Fuad Alatas, Kadse kabetan Ruslan, dan Kades Lalos, guna membahas batas zona penangkapan ikan dan Hasilnya kedua belah pihak sepakat memberlakukan zona masing-masing untuk menangkap ikan.

Seperti  diungkap Danlanal Tolitoli Hariono, mengatakan pertemuan kali ini merupakan tindak lanjut perselisihan Masyarakat Pesisir antara Nelayan Moderen (Bagan) dan Nelayan Tradiaional terjadi misskomonikasi.

“Sehingga saya perintahkan pasintel untuk menindak lanjuti dan kumpulkan untuk mencarikan solusi yang terbaik buat para Nelayan Tradisional maupun Nelayan moderen (Bagan), ” Jelas Hariono Danlanal Tolitoli di hadapan media ini.

Lanjut Danlanal, saya sebagai Danlanal Tugasnya kami hanya sebagai penegakkan Hukum, tetapi tidak serta merta di sini harus melihat kearipan Lokal.

“Artinya di sini juga Kadis perikanan sudah memberikan kebijakan dan ada beberapa hal hal yang sudah di bijaki agar kehidupan para Nelayan tidak terjepit, apa lagi saat sekarang masih dalam situasi Pandemi covid – 19,” Paparnya.

Di tempat Terpisah Nelayan Tradisional Dari Desa pulias Ardiyansah Mengatakan, Sangat Mengapresiasi atas langkah yang di ambil Danlanal Tolitoli Mengumpulkan kita di Markas Lanal Tolitoli guna membahas dan menentukan batas Zona Wilayah bagi Nelayan Tradisional dan Moderen sehingga dapat di sepakti 2 Mil.

“Dari Garis Pantai sehingga kami nantinya tidak terganggu dengan Nelayan Moderen dan hasil tangkap kami bisa meningkat,” Terang Ardiyansah.***

Penulis : Syahar

LEAVE A REPLY