Gedung Baru IAIN Palu Dibangun 2021 Jadi Contoh Mitigasi Bencana Tsunami

0
9

PALU – Pembangunan gedung baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Datokarama Palu, Sulteng, dibangun awal 2021 ini merupakan gedung percontohan sebagai mitigas bencana, khususnya bencana gempa dan tsumani.

Demikian disampaikan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) wilayah strategis 1 di lingkup Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulteng, Kementerian PUPR, Zulfikar ST MT, kepada sejumlah wartawan, Kamis,(18/2).

“Pembangunan gedung IAIN Datokarama Palu, notabene bekas tsunami 2018 lalu, akan dibangun kembali dengan konsep mitigasi bencana,” ungkapnya.

“Dan bangunan IAIN Palu, insya allah akan dijadikan percontohan mitigas bencana se Indonesia, ingat ya, bangunan itu baru pertama,” ungkapnya lagi.

Zulfikar, pria kelahiran asli Tawaeli itu, menuturkan bahwa pembangunan IAIN Palu 2021, lebih rinci yang dibangun item diantaranya, gedung auditorium, gedung student center, gedung perkuliahan, gedung TK, power house, dan landscape.

“Semua gedung baru IAIN Palu ini dibangun 4 lantai, tapi bagian dasar bawahnya atau lantai dasar kosong, cuma boleh untuk parkiran,” terang pria berambut cepak dan multitalenta itu.

“Intinya konsep ini untuk mengingatkan kita pada bencana tsunami 2018 lalu, maka dengan mitigas bencana diharap bangunan ini bisa jadi percontohan di Sulteng, maupun daerah lainya di Indonesia,” pungkasnya.

Penulis : Firmansyah

LEAVE A REPLY