Polsek Ujung Pandang Lakukan Olah TKP, Kebakaran di Gedung Bank Tabungan Negara Cabang Makassar

0
6

JURNALFOKUS// Setelah peristiwa kebakaran di Gedung Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Makassar Jalan Kajaolalido, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Polsek Ujung Pandang mengagendakan olah tempat kejadian perkara (TKP) .

Kapolsek Ujung Pandang Polrestabes Makassar, Kompol. Bagas Sancoyoning Aji, SIK, menyatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bidlabfor Polda Sulsel dan Inafis Polrestabes Makassar. Rencananya olah TKP dilakukan pada Senin 15 Februari 2021.

“Hasil koordinasi dengan Labfor Polda, rencana besok pagi olah TKP. Sebagai bagian dari penyelidikan kami, untuk mengetahui penyebab kebakaran. Nanti ada juga Inafis dan Satreskrim Polrestabes Makassar,” ucap Bagas kepada awak media, Minggu (14/2).

Mantan Kasat Reskrim Polres Wajo ini mengatakan, pihaknya juga masih melakukan sterilisasi TKP, pasca kebakaran yang terjadi pada Sabtu 13 Februari 2021, sekitar pukul 20.28 Wita.

“Kita amankan TKP untuk tetap status quo sambil menunggu hasil penyelidikan rampung. Kita terus koordinasi dengan Inafis dan Labfor Polda Sulsel. Sampai sekarang masih kita jaga area juga masih diberikan police line,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Bagas pihaknya juga telah memeriksa dua orang dalam kapasitas sebagai saksi. Mereka merupakan Satpam Bank BTN, yang berjaga saat kejadian. “Untuk sementara dua orang. Kelanjutannya nanti kita informasikan,” paparnya.

Banyaknya peristiwa kebakaran seperti diatas membuat seseorang mesti waspada, dirangkum dari situs Badan Nasional Penanggulangan Bencana berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan untuk mencegah amukan si jago merah, yakni :

(1) Bijak menggunakan listrik dan peralatannya

Sebaiknya Anda tidak menggunakan peralatan listrik yang melebihi beban kapasitas meter listrik. Di samping itu, hindari pemasangan instalasi listrik dengan terlalu banyak sambungan di rumah dengan isolasi, karena apabila terkena panas listrik mudah memuai dan mengelupas.

(2) Jauhkan barang-barang pemicu api

Pertama, Anda harus tahu barang apa saja yang dapat memicu api. Tidak hanya korek api, minyak tanah, dan tabung gas saja, tetapi botol-botol parfum dan hairspray juga dapat memicu api. Sebaiknya Anda menyimpan peralatan tersebut dengan rapi di tempat yang jauh dari jangkauan api dan anak-anak.

(3) Bijak menggunakan tabung dan kompor gas

Perbanyaklah pengetahuan Anda tentang tabung gas dan kompor gas. Salah satunya adalah dengan tidak menyolok bibir tabung gas dengan pisau. Selain itu, jika Anda merencanakan bepergian untuk waktu yang relatif lama, sebaiknya lepaskan tabung gas dari kompor.

(4) Sediakan alat pemadam kebakaran di rumah

Ada baiknya Anda mempunyai alat pemadam kebakaran sederhana di dalam rumah. Pemasangan alat deteksi asap pun akan membawa keuntungan yang lebih bagi Anda.

(5) Waspada Rokok

Bagi perokok, sebaiknya Anda tidak merokok di dalam rumah, karena bara api akan dengan mudah memicu kebaran. Akan lebih baik lagi jika Anda belajar untuk berhenti merokok.***

LEAVE A REPLY